Menhub Siapkan Transfortasi Cerdas di IKN Baru

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kementerian Perhubungan memastikan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru akan dibangun transportasi mengusup konsep ITS atau Intelligent Transportation System, sebuah sistem transportasi cerdas.

Kesiapan transfortasi di IKN baru ini dijelaskan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadhi di acara dialog nasional rancang bangun dan kesiapan Kalimantan Timur sebagai IKN di Balikpapan, Rabu (2/10).

“Pemerintah terus melakukan persiapan dan kajian untuk membangun transportasi konsep ITS. Ini merupakan arahan Presiden,” ucapnya.

Budi Karya menjelaskan kebijakan nasional terkait transportasi publik akan meliputi menyeluruh sektor darat, udara dan laut. Semuanya harus terintegrasi.

“Yang terpenting adalah semua jenis transportasi harus saling sinergi untuk memudahkan aksesbilitas masyarakat di ibu kota yang baru nanti,” ungkapnya.

Pemerintah lanjut ia, akan cermat dalam menentukan pilihan untuk melengkapi kota dengan transfortasi yang moderen dan canggih, dengan melihat potensi yang ada dan juga tentunya terintegrasi dengan kementerian lainnya. (mh/gk)

sumber: https://gerbangkaltim.com/

News Post

Presiden ITS (Intelligent Transport System) lndonesia Noni Purnomo menyatakan, teknologi untuk transportasi saat ini sudah memungkinkan untuk membuat kendaraan lebih cerdas, sehingga dapat mengurangi potensi kecelakaan yang terjadi. Selain itu, masih banyak lagi tren teknologi transportasi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat ekosistem transportasi menjadi lebih mudah, nyaman, serta aman bagi pengguna. “Untuk mewujudkan hal itu semua,…

Read More

NERACA Jakarta –Keberadaan transportasi publik di Indonesia masih dimanfaatkan secara optimal, sehingga permasalahan klasik kemacetan sulit dipecahkan. Merespon hal tersebut, Intelligent Transport System (ITS) Indonesia menyatakan, dalam berbagai forum transportasi global disebutkan beberapa solusi untuk permasalahan transportasi perkotaan. Di antaranya, pengembangan transportasi publik terintegrasi yang nyaman dan mudah diakses masyarakat secara lebih luas serta pemanfaatan…

Read More

ITS Japan received the courtesy visit by Dr. Bambang Susantono, the previous president of ITS Indonesia as well as the previous Vice Minister for Transportation of Republic of Indonesia and Ms. Noni S. A. Purnomo, the new President of ITS Indonesia on 14April 2017.The new president, Ms. Noni who is also working as the President…

Read More