Tingkatkan Kecerdasan Transportasi Umum Menhub Lin Chia-long : Bantu Domestik Raih Piala Dunia

(Taiwan, ROC) — Menteri Perhubungan, Lin Chia-lung hari Jumat (22/11) hadir dalam jumpa press “Seminar dan Forum Inovasi Teknologi Layanan Transportasi Publik Cerdas”. Lin Chia-lung mengemukakan, hasil survei internasional memperlihatkan, nilai perlengkapan layanan transportasi publik cerdas akan mencapai USD16 milyar di tahun 2022, sedangkan lingkungan Taiwan sangat ideal sebagai tempat pelatihan transportasi publik cerdas, untuk itu ia mengimbau berbagai kalangan dalam negeri untuk terus mengembangkannya guna mempersiapkan masuk dalam pasar internasional.   

Guna memasuki pengembangan industri layanan transportasi publik cerdas, Kementerian Perhubungan tanggal 22 November mengelar “Seminar dan Forum Inovasi Teknologi Layanan Transportasi Publik Cerdas” yang mengundang dan mengumpulkan industriawan, pejabat, pelajar dan pakar untuk membahas dan juga mengembangkan inovasi baru serta melakukan penelitian, manufaktur dan aplikasi, agar dapat berakar di Taiwan dan meluas ke dunia internasional.

CEO The Taiwan Al Labs, Ethan Tu menyampaikan, seluruh dunia tengah memperhatikan pencerdasan peralatan transportasi hingga ke berbagai pembangungan infrastruktur dan sistem pengelolaan transportasi, serta masalah terkait lainnya ; sedangkan Taiwan memiliki lingkungan yang baik untuk perboaan, memiliki perusahaan perangkat lunak, ia percaya transportasi cerdas Taiwan akan menjadi titik terang dan dapat mengerakkan industri teknologi global.

Menteri Perhubungan, Lin Chia-lung mengemukakan, jumlah penduduk yang cukup padat di Taiwan sangat sesuai untuk dijadikan lahan latihan transportasi cerdas, berharap melalui aplikasi 5G dapat memasuki pasar internasional, oleh karena itu peneliti internasional memperkirakan niali perangat layanan transportasi publik cerdas mencapai angka USD16 milyar pada tahun 2022 mendatang.

Menteri Perhubungan, Lin Chia-lung mengatakan, “Kira-kira hingga tahun 2022, seluruh perlengkapan sistem transportasi publik cerdas dapat mencapai nilai sekitar USD16 milyar, yaitu sekitar NTD480 milyar, 3 tahun lagi akan segera datang, tingkat pertumbuhan dalam setahun mencapai 12%”

Lin Chia-lung lebih lanjut menyampaikan, aplikasi teknologi informatika dalam transportasi tidak saja dapat mengintegrasikan informasi perjalanan tetapi juga dapat menyediakan layanan transportasi yang lebih aman, untuk itu kementerian perhubungan tengah menelaah program transportasi umum cerdas 5 tahun dengan nilai 30 milyar untuk membina para pelaku usaha transportasi umum untuk mengembangkan inovasi teknologi transportasi yang juga untuk meningkatkan kualitas transportasi, di sisi lain untuk memberikan motivasi baru dalam persaingan dengan industri global.

Sumber : id.rti.org.tw.

News Post

Presiden ITS (Intelligent Transport System) lndonesia Noni Purnomo menyatakan, teknologi untuk transportasi saat ini sudah memungkinkan untuk membuat kendaraan lebih cerdas, sehingga dapat mengurangi potensi kecelakaan yang terjadi. Selain itu, masih banyak lagi tren teknologi transportasi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat ekosistem transportasi menjadi lebih mudah, nyaman, serta aman bagi pengguna. “Untuk mewujudkan hal itu semua,…

Read More

NERACA Jakarta –Keberadaan transportasi publik di Indonesia masih dimanfaatkan secara optimal, sehingga permasalahan klasik kemacetan sulit dipecahkan. Merespon hal tersebut, Intelligent Transport System (ITS) Indonesia menyatakan, dalam berbagai forum transportasi global disebutkan beberapa solusi untuk permasalahan transportasi perkotaan. Di antaranya, pengembangan transportasi publik terintegrasi yang nyaman dan mudah diakses masyarakat secara lebih luas serta pemanfaatan…

Read More

ITS Japan received the courtesy visit by Dr. Bambang Susantono, the previous president of ITS Indonesia as well as the previous Vice Minister for Transportation of Republic of Indonesia and Ms. Noni S. A. Purnomo, the new President of ITS Indonesia on 14April 2017.The new president, Ms. Noni who is also working as the President…

Read More